Friday 19 September 2008

Dana Parpol Cair, PAN Dipending

Ulum: “Ini bukti legalitas kami”.

Para petinggi partai politik di Jember tengah berbunga-bunga. Pasalnya, dana bantuan partai politik tahun 2008, sudah cair sejak Senin lalu. Ketua Bakesbanglinmas Kabupaten Jember, Sujak Hidayat, melalui stafnya, Rudyanto, dana bantuan parpol itu hanya diperuntukkan bagi parpol yang mendapat kursi DPRD Jember. Setiap kursi dihargai Rp. 20.000.000. “Ya, semuanya sudah cair, langsung masuk ke rekening parpol,” tukasnya.


Jika setiap kursi mendapat fulus Rp. 20.000.000, maka dana yang dikucurkan untuk parpol minus PAN sebesar Rp. 840.000.000. Parpol-parpol yang mendapat kursi dan memperoleh kucuran dana itu adalah PKB, Partai Golkar, PPP, Partai Demokrat, PKPB dan PDIP. “Sedangkan PAN, belum cair karena memang belum mengajukan permohonan pencairan,” tambahnya.


Rudy menduga, keterlambatan PAN mengajukan permohonan dana karena ada persoalan dualisme kepemimpinan di tubuh partai berlambang matahari itu. Sampai saat ini, katanya, kisruh kepengurusan PAN masih belum selesai. “Kalau diantara dua pihak itu nanti mengajukan, kami klarifikasi dulu mana yang sah,” terangnya.


Sementara itu, Ketua DPC PKB Jember, H. Miftahul Ulum, S.Ag., M.Si., menegaskan bahwa cairnya dana yang dianggarkan dari APBD 2008 itu merupakan bukti legalitas PKB yang dipimpinnnya. “Ini bukti bahwa kami yang sah, sah, sah,” katanya.


Ulum mengaku tidak terlalu risau dengan PKB yang tandingan yang dipimpin Haris Chudlori. Sebab, katanya, mereka hanya punya semangat tapi tidak punya legitimasi yang kuat. “Tidak masalah. Itu saya anggap ujian bagi internal PKB. Dan PKB insyaallah sukses melewti ujian seberat apapun dari dulu,” pungkasnya (*).

No comments:

Pengelola pkbjember.blogspot.com

Blog ini dibuat oleh DPC PKB Jember.
Ary AR, Kholidi.