Tuesday 2 December 2008

Wajar NU Jember Dukung PKB


NU kembali ke Khittah adalah sebuah kenicayaan. Tapi bukan berarti warga NU dilarang menentukan pilihan politiknya. Pilihan politik warga NU, akan sangat ditentukan dari sejauh mana partai politik yang ada mampu menjalin sinergi dengan NU. “Selama ini, yang masih aktif melakukan kerjasama dengan NU adalah PKB, khususnya di Jember, sehingga wajar jika NU Jember mendukung PKB,” ujar Wakil Katib Syuriah PWNU Jawa Timur, KH. Abdullah Syamsul Arifin saat memberi wejangan dalam acara pembekalan Caleg PKB di rumah makan Lestari, kemarin (2/12).


Menurut lelaki berkacama mata itu, NU secara kelembagaan memang harus netral. Tapi individunya harus mempunyai pilihan politik. Warga nahdliyyin sama dengan warga negara yang lain dalam hak-hak politiknya. Karena itu, tukasnya, tidak ada larangan bagi warga NU untuk mendukung partai tertentu, apakah dia pengurus atau hanya sekedar anggota NU. “Tapi rupanya banyak orang yang salah tafsir terkait dengan posisi netral NU,” jelasnya.


Gus A’ab –sapaan akrabnya— mengibaratkan NU sebagai kereta api, yang sudah mempunyai jalur khusus. Siapapun boleh menjadi penumpang asal memenuhi aturan kereta api. Diantaranya mengikuti arah jalur yang sudah ditetapkan kereta api. Sehingga yang harus ikut adalah penumpang, bukan kereta api. Berbeda dengan taksi. Kalau taksi, kemanapun bisa diarahkan sesuai kemauan penumpang. “Kalau NU seperti taksi ‘kan rusak jadinya,” terangnya.


Katib Syuriah PCNU Jember itu mengakui saat ini banyak partai yang berbasis NU, dan bahkan membawa-bawa nama NU. Tapi, katanya, adalah sebuah kenyataan bahwa partai kelahirannya dibidani oleh NU adalah PKB. Tidak hanya itu, sejauh ini, PKB masih menjalin kerjasama cukup baik dengan NU. Hal itu bisa dilihat misalnya dari pengurs struktural NU yang maju sebagai Caleg jadi di PKB. “Jember sendiri dan operasional PCNU dan MWC, masih disokong FKB. Sehingga wajar jika NU mendukung partai yang ngopeni NU,” terangnnya.


Dalam kesempatan itu, hadir KH. Ahmad Mursyid, KH. Syakir Shonhaji dan Caleg DPR RI dapil IV, Ir. H, Nur Yasin dan puluhan Caleg PKB, baik tingkat kabupaten maupun Caleg propinsi (*).


No comments:

Pengelola pkbjember.blogspot.com

Blog ini dibuat oleh DPC PKB Jember.
Ary AR, Kholidi.